Penyebab Bibir Sering Kedutan Terus Menerus Pertanda apa? Begini Jawabanya

penyebab bibir sering kedutan
berbagai faktor penyebab bibir sering kedutan terus menerus

Penyebab bibir sering kedutan tidak jarang dikaitkan dengan mitos zaman dulu. Tidak sedikit orang yang saat ini masih mencari tahu karena penasaran bibir kedutan pertanda apa? Perlu Anda ketahui bahwa yang bisa kedutan tidak hanya mata, bibir juga bisa kedutan juga lho. Kedutan bisa muncul pada bibir bawah atau atas saja. Penyebab bibir kedutan sebenarnya berasal dari kesalahan komunikasi antara otot dengan saraf bibir.

Maka di sini saya akan membahas penyebab kedutan pada bibir secara tiba-tiba dan terus menerus.

1. Kekurangan zat kalium 

Kalau tubuh anda kekurangan zat kalium salah satu cirinya otot sering kedutan termasuk bibir. Karena allium bertugas mengirimkan sinyal saraf ke seluruh tubuh dari otak.

2. Kelebihan zat kafein 

Bibir kedutan merupakan tanda tubuh anda terlalu banyak kandungan kopi, karena zat kafein yang terdapat dalam kopi merangsang sistem saraf pusat agar memicu pelepasan hormon noradrenalin dan serotonin. Perlu diketahui perang kedua hormon itu bisa menyebabkan reaksi otot terlebih terhadap sinyal saraf motorik. Maka kalau bibir anda mudah kedutan jangan heran bila dalam sehari minum secangkir kopi 2- 3 kali.

3. Pengaruh obat tertentu 

Penyebab kedutan pada bibir bawah maupun atas tidak hanya disebabkan oleh kandungan zat kafein saja, namun juga dari obat resep dokter karena biasanya mempunyai efek samping berupa kedutan pada otot. Misalnya obat-obatan diuretik, steroid, dan hormon estrogen sintetis.

4. Bell’s palsy 

Selain pengaruh obat tertentu dan kopi juga bisa disebabkan karena adanya kelemahan satu sisi wajah karena peradangan atau terjadi pembengkakan saraf perifer, di mana saraf ini mengontrol otot wajah biasa disebut Bell’s palsy. Kalau mengalami seperti ini biasanya kedutan akan terjadi pada bibir atas atau bibir bagian bawah saja, di pipi kiri atau kanan saja.

BACA: Begini 7 Cara Melindungi Mata Dari Layar HP Agar Tidak Mudah Rusak Sampai Buta

Untuk penyebab Bell’s palsy memang saat ini belum diketahui secara pasti biasanya terjadi akibat infeksi virus.

5. Penyakit parkinson 

Penyakit parkinson ini merupakan penyakit saraf degeneratif dalam jangka waktu lama pengidapnya akan sulit untuk bergerak. Penyakit ini disebabkan karena adanya otot kaku atau tremor kecil yang ada di bagian tangan ataupun kaki yang semakin parah. Terjadinya Tremor terkadang juga ada di bagian bibir bawah dan sekitar dagu wajah. Umumnya, penyakit parkinson biasa menyerang laki-laki usia 50 tahun ke atas.

6. Gejala Sindrom tourette 

Gejala Sindrom tourette merupakan sebuah gangguan pada sistem saraf otak yang bisa menyebabkan munculnya pola gerakan secara tiba-tiba walaupun tanpa disengaja berulang, dan tidak bisa dikendalikan. Sindrom tourette ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja termasuk tangan, wajah, dan kaki.

BACA: Penemuan Alat Pendeteksi Malaria Cukup Pakai Air dan Smartphone?

Gejala sindrom ini akan muncul pada usia 2-15 tahun, untuk pria 4 kali lebih mungkin terserang gejala ini dibandingkan wanita.

7. Trauma 

Trauma juga bisa menyebabkan terjadinya bibir kedutan, misalnya cedera kepala namun jika mengenai batang otak. Cedera ini akan mengakibatkan saraf wajah menjadi rusak, Sehingga bisa mengakibatkan otot bibir kedutan.

8. Stres

Penyakit stress, rasa cemas, dan tubuh mengalami kelelahan yang cukup ekstrem ternyata bisa menyebabkan bibir kedutan. Kalau hormon stres kortisol terlalu tinggi akan menyebabkan otot wajah menjadi kaku dan gampang berkedut.

Nah, sekarang anda sudah tahu bibir bergerak sendiri pertanda apa. Sebenarnya itu semua tidak ada pengaruhnya dengan mitos atau pertanda sesuatu, namun cenderung diakibatkan oleh faktor tertentu yang sudah saya jelaskan di atas.

Semoga anda paham tentang penyebab bibir sering kedutan ini, semuanya juga berpengaruh pada kesehatan maupun pola hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat silakan share ke akun sosial media anda. Terima kasih.


loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Penyebab Bibir Sering Kedutan Terus Menerus Pertanda apa? Begini Jawabanya
Di Terbitkan : Jumat, 24 Agustus 2018
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Penyebab Bibir Sering Kedutan Terus Menerus Pertanda apa? Begini Jawabanya"

Posting Komentar