Begini 7 Cara Melindungi Mata Dari Layar HP Agar Tidak Mudah Rusak Sampai Buta

cara melindungi mata dari layar hp
cara melindungi mata dari layar hp atau smartphone dari bahaya

Cara melindungi mata dari layar HP berikut ini mungkin sangat bermanfaat bagi anda pengguna smartphone. Saat ini memang semenjak smartphone masuk dalam kehidupan manusia, sedikit mempengaruhi pola tidur karena menurut faktanya masih banyak orang yang terus bermain ponsel dan belum berhenti sebelum rasa kantuk datang.

Bahaya cahaya ponsel ini telah dilansir oleh Boldsky, kebiasaan sering Menatap layar ponsel dalam jangka panjang bisa merusak penglihatan. Penelitian terkait bahaya ini juga telah dilakukan oleh sebuah perguruan tinggi bernama University of Toledo, cahaya biru ponsel bisa menyebabkan kebutaan.

Penelitian tersebut telah menemukan kalau cahaya biru ternyata bisa menimbulkan sebuah reaksi racun dalam molekul retina saat menerima cahaya dan mengganggu sinyal otak. Akibatnya, reaksi kimia tersebut bisa membunuh fotoreseptor mata dan tidak bisa disembuhkan selamanya.

Maka dari itu, mulai sekarang hindari masalah serius ini dan segera selamatkan mata anda dari layar HP dengan beberapa cara mudah di bawah ini:

Cara melindungi mata dari layar hp smartphone

1. Istirahat sejenak

Selama waktu 20 menit berhentilah memandang layar ponsel Anda, alihkan pandangan kemana saja kira-kira 20 kaki selama 20 detik. Gunanya agar otot-otot mata bisa kendor sementara.

2. Sering berkedip

Pada waktu mata Anda fokus ke layar smartphone akan menurunkan tingkat kedipan. Hal ini bisa mengakibatkan air mata mengering sehingga bisa terjadi iritasi perih, mata merah dan penglihatan kabur. Dengan melakukan kedip walaupun sekali dua kali, akan membuat bola mata lembab serta bisa mengurangi resiko iritasi. Setiap 20 menit usahakan berkedip sekitar 10 kali.

3. Mengurangi cahaya layar

Mata akan mudah lelah disebabkan terlalu fokus memandang layar terang atau silau, maka lebih bagus melengkapi layar ponsel dengan kaca anti glare. Kalau perlu bisa memakai aplikasi reduksi cahaya untuk mengurangi cahaya biru ponsel.

4. Jaga jarak mata dan ponsel

Biasanya orang memegang smartphone jarak yang dipakai cuma 8 inci dari wajah mereka agar bisa melihat dengan jelas. Namun, cara ini akan menimbulkan efek buruk bagi mata. Berikan jarak kira-kira 16- 18 inci antara layar ponsel dan mata. Saat di awal melakukannya mungkin tidak nyaman tapi nanti juga akan terbiasa dengan sendirinya.

BACA: Penemuan Alat Pendeteksi Malaria Cukup Pakai Air dan Smartphone?

5. Sebelum tidur Matikan ponsel

Menurut pendapat dari National sleep Foundation, cahaya biru mengaruhi waktu tidur anda karena adanya tingkat produksi hormon melatonin tidak stabil. Padahal hormon ini mempunyai peran dalam pengaturan siklus tidur manusia. Maka matikan ponsel 30 menit sebelum datangnya waktu tidur.

6. Sesuaikan tingkat kontras dan kecerahan layar

Salah satu cara melindungi mata anda selain langkah di atas, anda bisa juga menyesuaikan tingkat kontras dan kecerahan layar ponsel. Aturlah sesuai kenyamanan karena jika terlalu tinggi maupun terlalu rendah bisa menyebabkan terjadinya ketegangan mata.

7. Cuci mata pakai air biasa

Anda bisa melakukan langkah ini dengan cara cukup lakukan percikkan mata menggunakan air bersih secara teratur. Untuk mencegah iritasi dan mengurangi kekeringan bola mata. Membersihkan mata juga bisa menurunkan masalah penglihatan kabur serta bisa membantu mata fokus kembali.

BACA: 13 Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW Wajib Di Contoh Semua Umat Manusia

Nah, demikianlah tips cara melindungi mata dari layar HP, mari mulai sekarang jaga kesehatan mata sebelum terlambat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke semua akun sosial media anda. Terima kasih.


loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Begini 7 Cara Melindungi Mata Dari Layar HP Agar Tidak Mudah Rusak Sampai Buta
Di Terbitkan : Jumat, 24 Agustus 2018
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Begini 7 Cara Melindungi Mata Dari Layar HP Agar Tidak Mudah Rusak Sampai Buta"

Posting Komentar