Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi Menurut Depkes Bisa Meningkatkan Volume Otak Anak

manfaat ASI eksklusif bagi bayi menurut Depkes


Manfaat ASI eksklusif bagi bayi menurut Depkes sangat dianjurkan karena bisa meningkatkan volume otak anak. Sosialisasi ini terus dilakukan oleh Kementerian Kesehatan terkait inisiasi menyusui dini (IMD). Alasannya sebab ciri anak sehat selalu diberikan selama 6 bulan berupa ASI eksklusif, gunanya untuk meningkatkan persentase IMD mulai dari 51,8% naik 58%. Pemberian ASI sangat membantu dalam perkembangan tubuh dan otak anak.

"Berharap dengan IMD ini dapat menurunkan segala permasalahan gizi. Bahkan jika perlu dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) khusus tentang ini, namun tidak semua daerah menyetujuinya," ujar Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes, Doddy Izwardi di Jakarta, Rabu (15/8).

Dirinya juga menambahkan manfaat air susu ibu berguna menurunkan resiko serangan dari berbagai penyakit pada bayi, serta menghindari gangguan pertumbuhan bayi karena kurang gizi.

BACA JUGA: Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi Anak Mulai Sejak Dini

WIyarni Pambudi, ketua sentra laktasi Indonesia juga sepakat mengenai hal tersebut. Efek yang ditimbulkan stunting dalam jangka panjang bisa menimbulkan timbulnya defisit kognitif.

"Ibu mengalami stunting berisiko menurun pada anak. Tidak hanya terhambat pertumbuhan tubuh namun juga otak. Volume otak tidak dapat dikejar. Dan ASI berperan dalam meningkatkan volume," katanya.

ASI mengandung oligosakarida atau HMO (human milk oligosaccharides). Selain itu, memiliki fungsi sebagai sumber nutrisi otak. Hal ini didukung pula melalui pemberian MP ASI yang baik.

BACA JUGA: 14 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Bugar Fit Saat Bekerja

Menurut Wiyarni dengan adanya penyuluhan tersebut kesadaran menyusui meningkat, namun dirinya masih menyayangkan belum Tersedianya bank ASI, sehingga belum bisa menjadi cadangan kebutuhan. Di juga mengingatkan para ibu selalu memberikan ASI eksklusif, karena itu semua demi kesehatan anaknya.

Nah, itulah manfaat ASI eksklusif bagi bayi menurut Depkes, semoga anda para ibu yang sayang pada anaknya mulai sekarang perhatikan jangan banyak diberikan susu formula.




Sumber: 


loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi Menurut Depkes Bisa Meningkatkan Volume Otak Anak
Di Terbitkan : Kamis, 16 Agustus 2018
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi Menurut Depkes Bisa Meningkatkan Volume Otak Anak"

Posting Komentar