Apa Yang Menyebabkan Kualitas ASI Menurun? Begini Jawabanya

apa yang menyebabkan kualitas asi menurun
makanan penambah kualitas asi

Apa yang menyebabkan kualitas ASI menurun? Perlu diketahui bahwa ibu menyusui sangat membutuhkan banyak makanan, karena untuk memenuhi nutrisi harian, serta nutrisi bayi. Yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana kalau ibu menyusui orang makan atau makan tidak terlalu banyak? Lalu apa bisa membawa pengaruh pada produksi ASI serta kualitasnya?

"seorang ibu menyusui makan sedikit atau banyak sama sekali tidak mempengaruhi komposisinya serta produksi ASI tidak dapat berubah" ungkap dewi Widodo, dokter spesialis anak.

Walaupun ibu makan sedikit kandungan dan kualitas ASI tidak berubah sedikitpun, misalnya kandungan DHA(asam lemak omega 3), gangliosida(karbohidrat, vitamin, mineral), kalsium dan zat besi.

BACA JUGA: Penemuan Baru Sayuran Pencegah Kanker Usus ini Khasiatnya Luar Biasa

Tidak hanya itu aSI mempunyai kandungan berupa senyawa yang berguna untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit.

Maka dari itu saat ibu menyusui hanya makan sedikit yang berpengaruh hanyalah kesehatan tubuhnya sendiri. Karena tubuh sang Ibu sudah diatur sedemikian rupa agar bisa memenuhi kebutuhan ASI pada bayi, maka dampak dari kekurangan nutrisi kemungkinan besar hanya ibu sendiri bukan pada bayinya.

"sang ibu akan mengalami kekurangan zat gizi, kalau asupan makanan berkurang karena produksi kalsium dan zat besi diambil dari tubuh ibu. Karena tujuannya agar bisa memberikan ASI sempurna" kata Aryani.

BACA JUGA: Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi Menurut Depkes Bisa Meningkatkan Volume Otak Anak

Maka dari itu, dokter memberikan saran pada ibu sebisa mungkin menjaga kebutuhan nutrisi dan tubuh tetap fit, hal ini juga menyangkut kebutuhan zat besi. Resiko lain yang ditimbulkan tidak hanya badan menjadi lemah dan anemia, sang Ibu juga resiko terserang osteoporosis karena kalsium diambil dari tulang ibu melalui proses produksi ASI yang nanti akan diberikan ke bayi.

Jadi, mulai sekarang untuk para ibu sebaiknya memperhatikan konsumsi makanan serta bisa menjaga tubuh dengan baik agar bisa memberikan ASI eksklusif pada buah hati tercinta. Saya kira cukup sekian semoga bisa menjawab pertanyaan Anda apa yang menyebabkan kualitas ASI menurun. Jangan lupa bagikan dan terima kasih.

loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Apa Yang Menyebabkan Kualitas ASI Menurun? Begini Jawabanya
Di Terbitkan : Sabtu, 18 Agustus 2018
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Apa Yang Menyebabkan Kualitas ASI Menurun? Begini Jawabanya"

Posting Komentar