Berita Terbaru Tentang Kesehatan Habis Liburan Terbitlah Galau

berita terbaru tentang kesehatan

Berita terbaru tentang kesehatan kali ini yaitu berbicara tentang kenapa kebanyakan setelah pulang dari liburan kembali pusing atau istilah jaman sekarang galau? Semua orang pasti suka berlibur dan menemukan hal baru, akan tetapi yang menjadi masalah setelah sampai di rumah, untuk bekerja kembali terasa malas dan tidak semangat sama sekali.

Seharusnya liburan atau rekreasi akan menyegarkan pikiran serta memberi semangat baru, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Masalah ini diungkapkan oleh ahli psikologi bahwa kondisi ini disebut " post holiday Blues ".

Gejala ini ditandai kembalinya rasa malas untuk melakukan aktivitas rutin seperti biasa, susah tidur, dan merasa sedih dalam waktu lama.

Penyebab rasa galau, atau rasa ingin marah justru paling banyak ditimbulkan setelah pulang dari masa liburan. Paling banyak yaitu menyesal menghabiskan banyak uang pada saat liburan, atau bisa disebabkan oleh persiapan saat akan liburan yang terlalu ribet.

Baca Juga : Berita Terkini Tentang Kesehatan Mengapa Rambut Sudah Beruban Pada Usia Remaja?

Perasaan itu bisa timbul misalnya terlambatnya jadwal penerbangan, anak-anak rewel diperjalanan maupun di tempat tujuan, maupun kejadian yang membuat rasa nyaman disaat itu.

Ditambah lagi dengan pekerjaan yang menumpuk saat kembali ke aktivitas harian seperti biasa. Maka dari itu berikut ini tips untuk mencegah masalah yang timbul setelah pulang berlibur.

Hindari depresi

Untuk menghindari stres terhindar dari depresi sebaiknya luangkan waktu beberapa saat atau 1 hari misalnya hari Minggu untuk menyegarkan pikiran yaitu berlibur ketempat yang sekiranya anda sukai.

Karena berlibur banyak manfaatnya, selain menyegarkan pikiran juga menambah pengetahuan baru, jadi usahakan jangan terlalu keras dalam bekerja, karena tubuh kita juga perlu istirahat, kalau pikiran kita merasa tertekan dalam jangka lama, akibatnya kesehatan kita juga akan terganggu.

Cara berlibur yang benar atau yang disarankan sebagai contoh mengunjungi tempat baru, mencoba kuliner unik, dan selama 24 jam bersama dengan orang yang kita sayangi. Tujuannya untuk melepaskan kepenatan yang dihadapi sehari-hari.

Berlibur merupakan elemen yang sangat penting dan bisa membuat rasa Bahagia, hal ini diungkapkan oleh profesor psikologi dari Southern Illinois University, Howard Tinsley, PhD.

Manfaat lain berlibur bisa mengembalikan semangat baru, lebih percaya diri, serta bisa mengontrol hal yang menyenangkan. Tidak hanya itu berlibur juga bisa meningkatkan jumlah 2 neurotransmitter otak, antara lain serotonin dan dopamin. Karena fungsi kedua hormon ini sangat berpengaruh pada depresi dan juga mood.

Baca Juga : 13 Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW Wajib Di Contoh Semua Umat Manusia

Orang yang menderita depresi karena kadar serotin dan dopamin yang rendah yang terdapat dalam otak. Situasi lingkungan kerja yang buruk, serta tuntutan yang tinggi tapi untuk kontrol rendah, kata psikolog, Baird Brightman, PhD,

Kalau kita mempunyai kendali yang bagus akan mencegah depresi yang diakibatkan oleh stress yang berkepanjangan. Maka dari itu melakukan aktivitas baru yang menyenangkan akan membuat 2 kadar hormon tersebut akan mengalami kenaikan.

Langkah untuk mencegah terjadinya depresi yang timbul setelah pulang dari liburan.

"Sebaiknya kenali liburan yang baru saja kita lakukan. Maksudnya kita bisa memilih liburan seperti apa yang kita sukai, dan sesuai dengan kepribadian keluarga" Saran psikolog klinis, Frank Farley, PhD.

Ada beberapa orang yang menyukai aktivitas misalnya berupa tantangan atau berpetualangan, sehingga membutuhkan pengalaman yang lebih dalam. Sebagai contoh berkunjung ke wahana permainan yaitu roller coaster, travelling, dan berkemah.

Namun, orang yang suka santai paling cocok saat liburan yaitu bisa pergi ke pantai.

" Sesuaikan liburan yang paling kita suka atau bisa disesuaikan dengan kepribadian, karena saat kita pulang tentu akan merasa lebih segar" ujarnya.

Sedangkan cara efektif lainnya terhindar dari depresi, yaitu dalam menghabiskan waktu liburan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan rutinitas setiap hari, bisa dilakukan dengan memberi jeda 1 atau 2 hari.

Persiapkan jadwal perjalanan anda sebaik mungkin, sehingga menjadi sebuah kenangan indah yang sulit dilupakan. Simpanlah pengalaman anda ke catatan pribadi, atau bisa dalam bentuk blog artikel, sehingga positif serta negatif tetap bisa diingat dengan baik dan menambah semangat.

Begitulah sedikit informasi yang mungkin bermanfaat bagi anda dan saat ini sedang mencari info berita terbaru tentang kesehatan, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa.
loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Berita Terbaru Tentang Kesehatan Habis Liburan Terbitlah Galau
Di Terbitkan : Kamis, 06 Juli 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Berita Terbaru Tentang Kesehatan Habis Liburan Terbitlah Galau"

Posting Komentar