Wow Akibat Polusi Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia Sangat Bahaya Sekali

akibat polusi terhadap kesehatan tubuh manusia

Akibat polusi terhadap kesehatan tubuh manusia tentu sangat berbahaya sekali, karena tubuh kita menghirup udara yang tidak sehat serta partikel kecil yang tidak kasat mata akan masuk ke dalam tubuh, sehingga dalam jangka lama akan menimbulkan penyakit serius.

Pencemaran polusi berasal dari udara dan bisa diartikan satu atau lebih substansi fisik, biologi, atau kimia yang hadir pada atmosfer dengan jumlah tertentu yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan serta estetika bisa terganggu kenyamanannya. Sumber dari pencemaran bisa berasal dari sumber alami atau bahkan setan manusia.

Polusi bisa juga didefinisikan gangguan berupa fisik misalnya: Panas, suara, radiasi semuanya itu bisa juga disebut dengan polusi udara. Dampak dari pencemaran udara bersifat alami mulai dari langsung, lokal, regional, dan global yang perlu Anda waspadai mulai sekarang.

Definisi udara secara umum adalah suatu komposisi udara aktual yang mengalami perbedaan dengan kondisi udara normal, namun komposisi udara aktual ini tidak ada manfaatnya sama sekali terhadap kehidupan manusia. Bentuk dari zat atau bahan pencemaran udara berupa partikel dan gas.

Baca Juga: Awas Bahaya Polusi Udara Ada Fakta Uniknya

Faktornya yang bisa mengakibatkan tercemarnya udara banyak sekali, misalnya pencemaran berasal dari sumber alami atau kegiatan manusia, bisa juga kolaborasi keduanya dalam waktu bersamaan.

Dalam kurun waktu lama akibat pencemaran udara dampaknya bisa bersifat langsung maupun tidak langsung, mulai dari lokal sampai dengan global. Dalam pasal 67 UU menyebutkan bahwa siapa saja yang melanggar ketentuan tersebut bisa dikenakan sanksi berupa pidana.

" Barangsiapa mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan ambang batas emisi gas buang, atau tingkat kebisingan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dan ayat (2), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah)."

Tapi sayang, di negara kita sering kita lihat bahkan dengan jelas berbagai kendaraan bermotor di jalan umum mengeuarkan asap hitam pekat dan suara yang membuat telinga tidak nyaman. Seharusnya itu menjadi tamparan keras bagi penegak hukum negara Indonesia.

Kehidupan makhluk hidup sangat membutuhkan gas oksigen termasuk manusia sendiri. Jika komposisi udara normal tentu saja bisa mendukung kehidupan manusia lebih baik lagi. Namun, yang terjadi ada sekelompok manusia yang melakukan aktivitas tidak ramah lingkungan, mengakibatkan udara kualitasnya seringkali menurun.

Gas dan partikel merupakan zat atau bahan pencemaran udara, gas dapat dibagi menjadi beberapa bagian berikut ini:
  • - Golongan nitrogen (nitrogen monoksida, nitrogen dioksida, nitrogen oksida, dan amoniak) 
  • - Golongan belerang (hidrogen sulfida, sulfur dioksida, sulfat aerosol) 
  • - Golongan gas (vinyl klorida, benzene, dan uap air raksa) 
  • - Golongan karbon (karbon monoksida, karbondioksida, dan hidrokarbon)
Pencemaran udara berupa partikel ada 3 :
  1. Mineral (anorganik) berupa racun contohnya timah dan air raksa 
  2. Bahan organik terdiri dari benzene, klorinasi Alkan, ikatan hidrokarbon.
  3. Makhluk hidup seperti virus, bakteri, bahkan telur cacing 
Pencemaran udara menurut tempat dan sumber terbagi jadi 2:


  1. Pencemaran udara bebas alamiah (gunung meletus, pembusukan) sumber aktivitas manusia dari kegiatan rumah tangga, asap kendaraan, dan juga kegiatan industri atau pabrik.
  2. Pencemaran udara ruangan misalnya: Bau tidak sedap, asap rokok dalam ruangan.


Pencemaran udara akibat dari kegiatan manusia bisa dibilang sumber terbesar, misalnya kegiatan memasak di rumah tangga, pembakaran mesin kendaraan bermotor, bahkan asap Pabrik industri. Zat yang dilepaskan dari sekian banyak ke atmosfer sebagian besar diduga telah terkontaminasi.

Baca Juga: Wah Bahaya Akibat Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Ada Zat Berbahaya Lho

Pencemaran udara yang terjadi diantaranya mengandung senyawa terdiri dari butiran cair dan padat disebut aerosol. Terbentuknya aerosol ini massa molekuler, proses kondensasi kemudian membentuk berupa butiran lebih besar (misalnya: Butiran cair dan pembentukan awan), bisa juga dari proses dispersi berupa material kasar yang pecah menjadi butiran aerosol ini tapi tidak mengendap, namun melayang atau mengapung di udara, angin bisa dengan mudah menyebarkannya.

Butiran alami yang tidak menyebabkan pencemaran udara seperti: Bakteri, kabut, spora tumbuhan berasal dari tepung sari. Maka dari itu segi kesehatan pun tidak terganggu, karena umumnya benda itu tidak berbahaya kecuali untuk mereka yang alergi.

Berbeda dengan butiran yang berasal dari proses buatan, seperti: Asap minyak, semen, rokok, aerosol radioaktif, tepung kuarsa dan asbes sangat gawat menjadi sumber masalah pencemaran udara. Karena benda tersebut membuat makhluk hidup mengalami kerusakan. Terutama butiran aerosol berbentuk halus, kalau sampai masuk ke paru-paru bisa mengganggu pernafasan.

Demikian topik kali ini yaitu akibat polusi terhadap kesehatan tubuh manusia, maka sebaiknya jagalah lingkungan di sekitar kita agar tetap sehat dan nyaman. Sekian dan terima kasih.

loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Wow Akibat Polusi Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia Sangat Bahaya Sekali
Di Terbitkan : Jumat, 18 Agustus 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Wow Akibat Polusi Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia Sangat Bahaya Sekali"

Posting Komentar