Wah Bahaya Akibat Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Ada Zat Berbahaya Lho

akibat merokok bagi kesehatan tubuh


Akibat merokok bagi kesehatan tubuh mungkin ada hubungannya dengan iklan yang tampil di televisi beberapa waktu lalu hingga saat ini. Batuknya perokok merupakan tanda rusaknya seluruh organ tubuh, siapa sih yang tidak kenal rokok? Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena terdapat zat berbahaya di dalamnya.

Apalagi pada zaman sekarang di seluruh negara rokok sudah bisa ditemui, karena barang ini beredar di masyarakat. Rokok bisa kita lihat mulai dari spanduk promosi, iklan televisi, bahkan iklan besar di jalan raya. Berbagai kalangan masyarakat mulai kalangan bawah, menengah, bahkan tinggi semua mengenalnya. Rokok juga tidak memandang berapa umur juga jenis kelamin. Mungkin kalau kita melihatnya joko prihatin karena menghisap rokok sudah dilakukan oleh anak dibawah umur.

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan berbicara tentang bahayanya kalau merokok bagi kesehatan. Sebelum itu, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu zat berbahaya yang terkandung dalam batang rokok, tentu dapat mengganggu kesehatan buruk, bahkan bisa mengakibatkan seseorang kehilangan nyawa.

Zat Berbahaya Dalam Rokok

- Zat monoksida : Zat yang biasa kita temukan di asap knalpot kendaraan bermotor ini ternyata juga terdapat dalam rokok, zat ini bisa menempel secara permanen pada hemoglobin dalam darah sehingga menghalangi oksigen yang diperlukan oleh tubuh. Jika hal itu terjadi tubuh mudah sekali merasa lelah.

- Tar : Berapa banyak kandungan tar pada rokok bisa anda lihat pada bungkusnya disitu tertulis misalnya 33 MG tar. Kalau zat ini ikut terhisap saat merokok, maka yang terjadi zat tersebut akan mengendap di paru-paru. Akhirnya bisa memicu dampak negatif pada rambut ukuran kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut ini berguna agar bersih dari kuman dan sebagainya keluar dari dalam paru-paru.

- Gas oksidan : Rasa ini bisa bercampur dengan oksigen, sehingga kalau terlalu banyak di dalam tubuh akan membuat penggumpalan darah yang berakibat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

- Zat benzene : Zat yang biasa digunakan untuk campuran bahan bakar jenis minyak ini bisa merusak sel tingkat genetik. Tidak hanya itu bisa juga menimbulkan jenis kanker leukimia dan ginjal.

Baca Juga: Apa Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Jantung Anda? Inilah Infonya

Selain itu kandungan racun lainya ohmisalnya : arsenik yang terdapat pada pestisida juga banyak terkandung dalam sebatang rokok, zat toluene untuk pengencer cat, hydrogen cyanide biasa dipakai untuk pembuatan senjata kimia, dan terakhir Cadmium untuk membuat baterai, formaldehyde biasa dipakai untuk pengawet mayat.

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Tubuh

bahaya rokok bagi kesehatan tubuh manusia


1. Terserang Penyakit Jantung

Merokok bisa mengakibatkan pembuluh darah mengeras atau aterosklerosis. Kondisi ini terjadi karena di arteri terdapat zat lemak yang menumpuk, sehingga aliran darah terhalangi oleh plak dan lemak sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah. Sehingga memicu serangan penyakit jantung.

Terjadinya rasa nyeri dada dan penyebab Angina karena jantung dipaksa bekerja lebih keras dan juga extra berat, jantung bisa terjadi kalau satu Arteri atau lebih terblokir. Semakin lama orang menghisap asap rokok kesempatan resiko penyakit jantung atau stroke lebih besar.

2. Merusak Paru-paru

Merokok bisa meningkatkan resiko terkena penyakit seperti emfisema,pneumonia dan bronkitis kronis. Umumnya juga dinamakan penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK).

Menurut American Cancer Society bahwa penyakit paru-paru bisa bertambah buruk sampai orang tersebut akhirnya meninggal dunia. Orang yang berumur 40 tahun bisa menderita emfisema atau bronkitis, namun gejala ini biasanya jauh lebih buruk di kemudian harinya.

3 Terjadinya Kanker

Bahaya rokok sudah lama diumumkan bisa menyebabkan kanker paru-paru serta lainnya mulai dari laring atau kotak suara, mulut, kerongkongan, dan tenggorokan. Tidak hanya itu saja banyak merokok bisa memicu munculnya kanker kandung kemih, ginjal, leher rahim, perut pankreas, kanker darah (leukemia), dan sebagainya.

4. Penyakit Gula Darah (diabetes)

Resiko diabetes akan meningkat, hal ini diungkapkan oleh Cleveland Clinic. Stop merokok selain diabetes juga akan menimbulkan komplikasi seperti: Penyakit mata, stroke, jantung, pembuluh darah ginjal, dan masih banyak lagi.

5. Terjadi Impotensi

Penyakit pembuluh darah perifer juga menjadi faktor utama, karena Pembuluh darah yang menyempit yang berfungsi membawa darah ke seluruh tubuh. Maka kemungkinan pembuluh darah yang ada di Mr. P pria juga ikut terpengaruh, karena Pembuluh darah yang begitu kecil akhirnya menyebabkan impoten atau disfungsi ereksi.

6. Menyebabkan Kebutaan

Resiko degenerasi makula yang umumnya kebutaan dialami orang tua bisa juga dialami oleh seorang perokok. Archives of Ophthalmology pada tahun 2007 yaitu sebuah studi yang menemukan bahwa seorang perokok 4 kali lebih besar terjangkit dibandingkan bukan perokok. Sebab bisa merusak pusat retina, makula, serta hancurnya penglihatan sentral tajam.

7. Kanker Mulut

Akibat rokok bisa menyebabkan penyakit antara lain kanker mulut, leher, nafas, dan gigi.

8. Gangguan kehamilan dan Janin

Banyak merokok akan mengganggu kesehatan reproduksi kehamilan dan janin dalam kandungan, juga keguguran, kematian janin, infertilitas (kemandulan), rendahnya berat badan bayi saat lahir, bahkan kematian bayi secara mendadak.

9. Gangguan Sistem Pernapasan

Penyakit paru kronis pada perokok bisa meningkatkan terjadi resiko kematian 10 kali lipat lebih besar yaitu sekitar 90% kematian karena terjangkit penyakit paru-paru.

Demikian topik kita kali ini mengenai akibat merokok bagi kesehatan tubuh manusia sangat berbahaya, semoga anda yang mungkin perokok aktif bisa cepat berhenti untuk merokok. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.



loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Wah Bahaya Akibat Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Ada Zat Berbahaya Lho
Di Terbitkan : Jumat, 18 Agustus 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Wah Bahaya Akibat Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Ada Zat Berbahaya Lho "

Posting Komentar