15 Cara Memelihara Kesehatan Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar Fit Setiap Hari

cara memelihara kesehatan

Cara memelihara kesehatan tubuh sehari-hari perlu kita lakukan, karena Kesehatan merupakan salah satu nikmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang perlu kita jaga. Saat kita akan melakukan kegiatan dan aktivitas sehari-hari modal utamanya yaitu tubuh yang sehat. Kegiatan yang berhubungan sama dunia ataupun akhirat, bekerja dan beribadah.

Kita bisa mendapatkan hasil sesuai harapan karena semua aktivitas berjalan lancar, faktor pendukungnya yaitu tubuh yang sehat. Anda dan semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat, betul bukan? Kesehatan sangat mahal harganya dan juga merupakan harta yang tidak ternilai.

Kalau sakit, pasti kita sangat membutuhkan dokter dan obat agar bisa sembuh dari sakit, maka dari itu sehat sangat mahal harganya. Harta dan kekayaan yang banyak semuanya tidak ada nilainya kalau tubuh tidak sehat, sama saja hidup tidak bisa kita nikmati.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Dan Kuat Setiap Hari Paling Mudah

Tuhan telah menciptakan kita mulai dari bentuk serta kondisi lebih baik dibanding makhluk lain. Agar tubuh kita tetap sehat maka kita harus menjaganya, karena kita adalah diciptakan sebaik-baiknya.

Gaya hidup di zaman modern seperti sekarang yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, semuanya itu belum termasuk gaya hidup sehat. Menurut kondisi yang ada di masyarakat, gaya hidup yang kurang baik telah dilakukan oleh banyak orang. Gaya hidup yang dimaksud ialah kurang berolahraga, pola makan, dan waktu tidur yang sering diabaikan.

Bahaya Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat yaitu bisa dimulai dari pola makan yang tidak baik maupun makanan yang dikonsumsi kurang sehat, tidak begitu perduli dengan aturan ini juga penyebab tubuh tidak sehat. Banyak orang lebih memilih makan-makan instan dan siap saji, karena terlalu sibuk beraktifitas yang menyangkut dengan pekerjaan, sehingga pola makan tidak teratur.

Kebanyakan dari mereka kurang mempertimbangkan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi, penting enak dan lezat. Faktor lain penyebab tubuh kurang sehat dan menjadi kebiasaan yang buruk, seperti begadang atau tidur terlalu malam, dan juga biasa mengkonsumsi makanan dan minuman kurang sehat.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Badan Agar Tetap Fit Setiap Hari Tidak Mudah Sakit

Maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan tubuh bisa anda lakukan mulai dari sekarang, dengan cara melakukan apapun yang berkaitan dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Cara memelihara kesehatan tubuh kita bisa ditempuh dengan cara modern maupun alami.

Apapun bisa anda lakukan walaupun dengan langkah kecil saja, selain mudah namun akan berpengaruh dalam memelihara dan menjaga kesehatan tubuh.

Cara Memelihara Kesehatan Tubuh 

cara memelihara kesehatan tubuh


#1. Selalu penuhi asupan makanan berserat

Makanan yang mengandung serat banyak dibutuhkan oleh tubuh agar terjaga dari serangan penyakit, manfaat atau fungsi serat yaitu membantu kelancaran saat proses pengeluaran kotoran yang berada di tubuh kita melalui saluran khusus. Semua kotoran yang mengandung penyakit yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh mudah dikeluarkan, kalau serat terpenuhi dengan baik.

Kurang serat bisa mengakibatkan kotoran dalam tubuh susah untuk dikeluarkan, jika kotoran di dalam tubuh menumpuk bisa menjadi racun dan menyebabkan penyakit. Maka dari itu kebutuhan tubuh anda akan serat harus cukup, makanan yang mungkin bisa Anda coba dan mengandung serat tinggi antara lain:

  • Kacang polong : Kacang polong ini merupakan kacang-kacangan yang mempunyai kandungan serat tinggi, kacang polong dalam satu cangkir terdapat sekitar 16,3 gram serat.
  • Kacang merah : Makanan yang mengandung serat tinggi juga terdapat dalam biji kacang merah, tidak hanya serat tinggi jenis kacang ini juga mengandung zat besi, protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Jagung : Makanan ini bisa digunakan untuk menggantikan peranan nasi dan juga termasuk makanan pokok, karena jagung mengandung banyak karbohidrat. Selain kaya akan karbohidrat, kandungan serat dalam jagung cukup tinggi. Jagung bisa diolah menjadi beberapa cara, yaitu puding, sayur, atau popcorn.
  • Alpukat : Buah alpukat juga termasuk makanan yang mengandung serat tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan lemak tak jenuh bisa mengurangi resiko penyakit jantung, dapat juga digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Menikmatinya pun bisa disesuaikan dengan selera anda, seperti disantap dengan susu, es buah, jus, dan lain sebagainya.
  • Buah kiwi : Buah ini juga salah satu makanan buah-buahan yang mengandung kadar serat tinggi dibandingkan jenis buah lainnya, buah kiwi mempunyai kandungan serat 3,0 gram/ 100 gram. Mengolah makanan ini bisa berbagai cara selain dimakan secara langsung, bisa dibuat sup buah agar tidak bosan.
  • Buncis : Buncis merupakan sayuran yang juga mengandung banyak serat tinggi seperti buah dan kacang-kacangan. Selain serat tinggi buncis juga mengandung zat antioksidan untuk mencegah serangan penyakit kanker dan jantung.
  • Oatmeal : Oatmeal juga sama seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, Oatmeal juga mengandung serat tinggi. Untuk menjaga kesehatan tubuh mengkonsumsi Oatmeal sangat bagus, selain itu manfaat seratnya bernama beta glucan, juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#2. Sarapan pagi sebelum beraktifitas

Sebaiknya mulai dari sekarang melakukan sarapan sebelum jam 9, karena sarapan kita memberikan stok energi pada organ tubuh, menurut beberapa para ahli waktu sarapan yang tepat yaitu kira-kira sebelum jam 09.00. Pada saat itu kondisi perut kita kosong maka sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Saat menjalankan aktivitas di pagi hari sarapan akan memberikan sumber energi. Tidak terbiasa sarapan bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemah, letih, lesu, tidak bertenaga, serta susah sekali untuk berpikir. Untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya anak-anak dianjurkan sarapan karena bisa memberikan kekuatan dan kecerdasan dalam berpikir. Kebutuhan energi yang dihasil oleh sarapan sebanyak 15 sampai 30% gizi dan energi harian. Manfaat lain dari harapan yaitu bisa mencegah hipo kolesterol.

#3. Makanan 4 sehat 5 sempurna

Tubuh anda berhak mendapatkan asupan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kriteria jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu: Lauk pauk, sayur, nasi, buah-buahan, dan susu. Masing-masing makanan ini mempunyai gizi yang berbeda namun melengkapi satu sama lain sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nasi banyak mengandung sumber karbohidrat, lauk pauk sumber protein, sayuran sebagai sumber mineral, buah sebagai sumber vitamin, susu mengandung banyak vitamin atau lebih tepat sebagai penyempurna selain meningkatkan energi, juga untuk menjaga kondisi tulang kita agar tidak mudah keropos.

Tidak perlu biaya mahal untuk memperoleh atau menyediakan menu makanan 4 sehat 5 sempurna, anda bisa membeli sayur dan lauk pauk di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Maka agar tubuh tetap sehat sebenarnya tidak perlu biaya mahal yang penting kandungan kebutuhan nutrisi manusia yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.

#4. Menjaga kebersihan dan higienis makanan

Sebelum anda mengkonsumsi makanan semuanya harus dipastikan bersih dan higienis. Contohnya: Buah dan sayur sebelum anda konsumsi sebaiknya cuci terlebih dahulu. Untuk makanan, pastikan semuanya matang dengan sempurna, jika makanan matang belum sempurna masih beresiko terdapat bakteri yang bisa berbahaya pada kesehatan tubuh.

#5. Hindari mengkonsumsi makanan instan

Makanan instan memang enak juga lezat, tidak hanya itu sajiannya pun praktis tapi dibalik itu semuanya untuk kesehatan tubuh lebih banyak efek negatif daripada positifnya. Jenis makanan cepat saji atau instan ini, bacok bagi Anda yang super sibuk atau mempunyai aktivitas yang padat dalam pekerjaan, sebagai contoh mahasiswa atau pekerja kantoran.

Mie instan merupakan salah satu makanan paling banyak dipilih. Maka dari itu jangan sering mengkonsumsi karena didalamnya sebagian besar mengandung zat kimia yang tidak baik dalam jangka panjang. Antara lain : natrium karbonat, zat lilin, kalium karbonat, natrium polifosfat serta pewarna makanan dan juga bahan pengawet. Zat kimia tersebut sangat tidak baik jika sering dimasukkan dalam tubuh.

Dalam hal ini mengkonsumsi makanan instan bukan berarti tidak boleh, hanya saja jangan terlalu sering, misalnya dalam satu minggu cukup sekali saja.

     5 Cara memasak mie instan yang benar
  1. Masaklah mie terlebih dahulu
  2. Jangan memasak bumbu mie di api yang menyala, cukup nanti ditaburkan saja setelah mie instan selesai dimasak
  3. Setelah mie instan selesai dimasak, buang airnya jangan dijadikan kuah.
  4. Gunakan air panas yang sudah matang sebagai penggantinya
  5. Siap disajikan


Alasan air hasil rebusan mie tersebut dibuang karena mie mengandung lilin, sehingga sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh.

#6. Porsi makan sewajarnya

Untuk menjaga kesehatan tubuh porsi makan berlebihan juga mengganggu kesehatan dan juga memicu berbagai penyakit. Porsi makan terlalu banyak tubuh menjadi gemuk semakin tinggi. Kebanyakan orang gemuk mudah sekali terjangkit berbagai penyakit.

Porsi makan berlebihan juga berbahaya, antara lain bisa menimbulkan penyakit diabetes, terganggunya sinyal insulin pada otak, menghambat tumbuhnya psikologis, meningkatkan kadar gula, radikal bebas, dan efek negatif lainnya.

#7. Banyak minum air putih

Setiap hari tubuh memerlukan cairan minimal 1,5 liter setara 8 gelas per hari. Karena sekitar 70% tubuh kita terdiri dari cairan, sehingga kebutuhan air putih harus dipenuhi.

Cara menjaga kesehatan tubuh dengan air putih, tidak bisa digantikan jenis air lainnya. Selain tidak berbahaya air putih yang paling sehat. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa air putih hanya berguna untuk menghilangkan rasa dahaga atau haus. Namun air putih memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam menjaga kesehatan tubuh.

     9 Manfaat air putih untuk tubuh :
  1. Mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh
  2. Mengobati rasa sakit kepala
  3. Membantu meningkatkan produktivitas tubuh
  4. Ikut menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat dan baik
  5. Membuat lancar sistem peredaran darah ke seluruh tubuh
  6. Untuk meningkatkan fungsi kerja otak
  7. Meningkatkan energi
  8. Mengontrol jumlah kalori dalam tubuh
  9. Bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh


Maka dari itu ternyata banyak sekali manfaatnya minum air putih agar tubuh tetap sehat.

#8. Kurangi konsumsi minum kopi

Bagi pecinta kopi mungkin termasuk Anda mulai sekarang kurangilah minum kopi, jika ingin tubuh anda tetap sehat dan bugar. Zat kafein yang terdapat di dalam biji kopi, jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang, bisa menimbulkan efek negatif untuk kesehatan tubuh. Kafein yang tinggi yang terdapat dalam biji kopi bisa memperlambat kerja jantung anda.

#9. Kurangi mengkonsumsi minuman isotonik

Rasa minuman isotonik memang terasa lebih enak dibandingkan air putih biasa, namun kalau terlalu sering mengkonsumsi juga tidak baik terutama menyangkut kesehatan tubuh. Lebih baik jika ingin sesekali mengkonsumsi air putih, bisa menggunakan air kelapa atau jus buah.

Jus dari buah segar bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, sedangkan air kelapa bisa membantu mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh. Air kelapa bagus sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, karena kandungan di dalamnya berguna untuk mengganti ion-ion tokoh yang hilang saat beraktivitas. Air kelapa juga berguna ada ibu hamil.

#10. Jangan begadang

Hindarilah begadang pada saat malam hari setelah anda melakukan banyak sekali aktivitas di siang harinya. Efek yang timbul kebiasaan begadang membuat kondisi tubuh kurang sehat karena angin malam tidak bagus untuk tubuh.

     Kerugian kebiasaan begadang
  1. Resiko menurunkan sistem kekebalan tubuh
  2. Resiko terjangkit penyakit berbahaya antara lain: Tekanan darah tinggi, jantung, stroke, diabetes, refleks melemah, sakit kepala, dan masih banyak lagi.
  3. Mengakibatkan rusaknya sel saraf otak dalam jangka panjang
  4. Menurunya berat badan

Maka dari itu sebaiknya hindari begadang yang dapat mengganggu dan tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.

#11. Sebelum dan sesudah tidur minum air putih

Sebelum tidur dan sesudah tidur mengkonsumsi atau minum air putih sangat baik. Minumlah air putih satu gelas sebelum tidur, karena air putih pada saat Anda tidur membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Pada saat bangun tidur air putih berperan sebagai penyeimbang kinerja otak.

#12. Konsumsi multivitamin

Tubuh memerlukan multivitamin ini untuk mendapatkan asupan gizi baik dari sayur-sayuran dan buah. Multivitamin yang Anda pilih sebaiknya yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh anda. Cara memperolehnya bisa didapatkan di apotek terdekat, usahakan agar tubuh tetap sehat minumlah secara teratur setiap hari.

#13. Vitamin D

Tubuh anda memerlukan vitamin D, manfaat dari vitamin ini yaitu melindungi tubuh dari berbagai serangan kuman, virus, penyakit serta bakteri yang berbahaya. Vitamin D berguna membantu menstimulus sel imun, sehingga tubuh menjadi kuat. Anda bisa mendapatkan vitamin D bukan cuma makanan saja, energi sinar matahari di pagi hari bisa. Sinar ultraviolet yang dikeluarkan oleh matahari memiliki kandungan sampai 80%.

Makanan yang mengandung vitamin D antara lain : Susu, telur, hati, udang, ikan salmon, sereal, tahu, keju, minyak hati ikan kod, kedelai, jamur. Makanan yang mengandung vitamin D masih banyak lagi, maka dari itu agar tubuh tetap sehat konsumsi dengan teratur.

#14. Jangan tidur sembarangan waktu

Maksud dari Jangan tidur sembarangan waktu karena memang ada waktu tertentu yang tidak baik digunakan untuk tidur. Waktu pagi hari setelah jam 06.00 dan sore setelah jam 15.00. Tidur di pagi hari banyak yang mengatakan kehilangan rezekinya, memang benar karena pagi hari waktu dimana digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat misalnya mencari nafkah, juga bisa menyebabkan pusing.

Sedangkan tidur sore setengah jam 15.00 ternyata bisa menyebabkan mudah lupa dan mempengaruhi kecerdasan otak, waktu istirahat yang baik di siang hari yaitu sekitar jam 12.00 sampai jam 13.00. Tidur pada waktu jam tersebut memberikan jeda tubuh untuk beristirahat sejenak.

#15. Puasa

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan saat berpuasa yaitu bisa menjaga serta menyehatkan tubuh. Organ pencernaan akan istirahat saat kita berpuasa, maka dari itu istirahat dibutuhkan tidak hanya tumbuh namun pencernaan juga perlu untuk diistirahatkan.

Manfaat puasa dalam dunia medis yaitu detoksifikasi, dia itu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Paling tidak seminggu sekali puasa dua kali, senin dan Kamis yaitu waktu yang baik sekaligus untuk ibadah sunnah.

Cukup sampai disini dulu tentang cara memelihara kesehatan tubuh, yang sebenarnya sudah banyak kita bahas di artikel sebelumnya. Jika masih kurang informasi di atas yang cukup jelas, bisa mencarinya di blog ini. Sekian dan sampai jumpa di topik pembahasan lainnya yang masih terkait dengan dunia kesehatan. Terima kasih.




loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : 15 Cara Memelihara Kesehatan Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar Fit Setiap Hari
Di Terbitkan : Minggu, 09 Juli 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "15 Cara Memelihara Kesehatan Tubuh Tetap Sehat Dan Bugar Fit Setiap Hari"

Posting Komentar