Waspada Virus Antraks dan Jembrana Pada sapi Bisa Menular Ke Manusia

Waspada virus antraks dan jembrana pada sapi bisa menular pada ke manusia
waspada virus antraks dan jembrana pada sapi bisa menular pada ke manusia, 

Waspada virus antraks dan jembrana pada sapi bisa menular pada ke manusia maka mulai saat ini para peternak sapi khususnya harus rutin melakukan pemeriksaan sapi mereka, agar terhindar dari penyakit berbahaya. Setelah dilakukan penelitian ternyata beberapa penyakit seperti antraks dan Jembrana saat ini telah berkembang dan bisa menular pada manusia.

Kalau sampai terjangkit kedua penyakit tersebut pada manusia maka bisa berakibat fatal, mulai dari kelumpuhan total sampai meninggal dunia. Hal ini sudah disampaikan oleh Kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan kutim mardi Suaibman beberapa saat yang lalu.

Melihat catatan dinas Pertanian dan peternakan, dilihat dari hasil pemeriksaan kesehatan sapi yang ada di sejumlah penjualan hewan kurban sangatta dipastikan masih aman dan sampai saat ini belum terindikasi penyakit. Gejala yang ditimbulkan oleh virus Jembrana dan antraks bisa dilihat dari beberapa hal yakni, sapi yang kemungkinan terjangkit virus Jembrana ciri-ciri berkeringat darah, diare berdarah atau mencret.

BACA JUGA: 3 Cara Mengurangi Rasa Sakit Akibat Memar Sangat Mudah Begini Langkahnya

Gejala lainnya adanya pembengkakan pembengkakan pada limfa, mengalami demam tinggi sekitar 39 sampai 41 derajat Celcius. Kalau diucap, keringatnya berwarna kemerah-merahan maka perlu diwaspadai.

Sedangkan virus Antraks sendiri yaitu berupa bakteri yang menyerang hewan mamalia ditandai timbulnya gejala umum serta keluar darah berwarna merah kehitaman melalui mulut, hidung, anus dan telinga.

" kami telah mencoba melakukan pencegahan, agar tidak menyebabkan kasus penyebaran penyakit, karena sapi yang masuk ke Kutim juga ada dari daerah lain" tuturnya.

Maka dari itu, mardi menghimbau khususnya untuk pemilik hewan sapi rutin membersihkan kandang dan melakukan pengecekan secara berkala kondisi sapi. Tidak cuma itu, langkah ini juga untuk mencegah agar tidak menular ke manusia yang bisa menyebabkan pemicu mandul bahkan sampai meninggal dunia.

"setiap tahun selalu dilakukan vaksinasi, dengan cara di karantina serta diawasi" tambahnya.

Jika hal itu telah dilakukan, diharapkan tidak ada yang terkena virus, namun penularannya juga bisa melalui lalat.

"Hal ini bisa juga disebabkan dari lalat yang menempel pada darah hewan yang sudah terinfeksi penyakit Jembrana kemudian lalat itu pindah lalu menularkan ke hewan lainnya" pungkasnya.

BACA JUGA: Kumpulan Info Kesehatan Terbaru Hari Ini Kepada Masyarakat Dunia

Nah itulah informasi mengenai waspada virus antraks dan Jembrana pada sapi bisa menular kepada manusia. Sebarkan informasi ini kepada teman atau saudara yang saat ini memelihara sapi agar mereka aman. Terima kasih.
loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Waspada Virus Antraks dan Jembrana Pada sapi Bisa Menular Ke Manusia
Di Terbitkan : Senin, 20 Agustus 2018
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Waspada Virus Antraks dan Jembrana Pada sapi Bisa Menular Ke Manusia"

Posting Komentar