10 Cara Hidup Sehat Setiap Hari Yang Baik Rosulullah SAW Juga Menurut Islam

cara hidup sehat setiap hari

Cara hidup sehat setiap hari bisa Memiliki tubuh yang sehat, segar, dan bugar. Di beberapa waktu lalu, sudah dibahas tentang cara hidup sehat Rasulullah SAW, namun jika anda kesulitan untuk mencari informasi yang ada di blog ini, saya akan memberitahukan kepada anda.

Cara hidup sehat menurut Islam yaitu menjaga kebersihan dan kesehatan jasmani dan rohani, yang dimaksud dengan kebersihan jasmani adalah seperti pada umumnya menjaga kebersihan tubuh misalnya minimal mandi sehari dua kali dan tujuannya agar jiwa dan raga sehat. Sedangkan yang dimaksud hidup sehat rohani yaitu menjaga kesehatan hati dan pikiran. Bisa diartikan hidup sehat dalam Islam berarti mampu menjaga kebersihan badan, hati, dan pikiran dengan baik.

Karena Rasulullah SAW merupakan manusia yang sempurna yang pantas dijadikan contoh, beliau mengajarkan tidak hanya agama yang mempengaruhi kesehatan rohani, namun Beliau juga mengajarkan cara hidup sehat. Hal ini terbukti bahwa beliau hanya sakit Selama dua kali semasa hidupnya.

Baca Juga : 13 Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW Wajib Di Contoh

Maka dari itu kita harus mencontohnya secara penuh, maupun sebagian saja Menurut kemampuan diri kita, asal dengan niat dan tekad yang kuat pasti bisa. Contoh ingat sebuah pepatah yang mengatakan di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat pula.

Perilaku yang harus kita hindari untuk hidup sehat setiap hari, seperti tidak merokok, tidak minuman keras atau beralkohol, menghindari makanan cepat siap saji, dan lain sebagainya.

cara hidup sehat menurut islam


Banyak makan makanan ringan atau siap saji yang tanpa ada gizi sama sekali memang enak dan lezat, tapi bukan termasuk makanan pola hidup sehat bukan vitamin yang anda dapatkan, melainkan resiko berbagai penyakit yang akan datang dalam jangka waktu lama.

Cara hidup sehat dan bugar setiap hari memang sangat beraneka ragam, mulai dari mengkonsumsi vitamin herbal alami, sampai dengan suplemen yang terbuat dari berbagai macam kandungan zat kimia, untuk cara alami memang lebih disarankan, karena dalam jangka lama tidak akan menimbulkan efek samping, berbeda dengan suplemen dari zat kimia, kalau terlalu sering mengkonsumsi bisa merusak organ dalam tubuh anda.

Baca Juga: 8 Tips Kesehatan Wanita Secara Alami Tanpa Make Up Perlu Anda Coba

Untuk membuat kehidupan setiap hari menjadi lebih baik, kayaknya membuat jadwal pola hidup sehat juga diperlukan, tapi itu semua tergantung pada anda. Dibawah ini anda bisa membaca Tabs dan cara terbaru bagaimana cara hidup sehat setiap hari yang benar untuk kehidupan yang lebih baik.

Cara hidup sehat alami sudah banyak blog maupun website yang ada di internet yang memberikan solusi untuk menjaga kesehatan tubuh, dan topiknya pun bermacam-macam mulai dari masalah kecantikan wajah dan kesehatan badan.

Sebenarnya melakukan hal-hal ya positif juga salah satu cara hidup sehat dan bugar yang tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, atau bisa dikatakan murah meriah. Karena menjaga kesehatan badan agar terhindar dari berbagai penyakit cukup mudah yaitu lari dan memperhatikan pola makan sajak itu sudah lebih dari cukup.

Di blog ini khusus mengangkat seputar topik kesehatan, untuk kedepannya misal Bagaimana cara merias wajah, memutihkan kulit, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi, pokoknya Tunggu saja.

10 Cara Hidup Sehat Dan Bugar Setiap Hari


1. Waktu tidur yang cukup 

Tidur merupakan aktivitas dimana sebagian besar organ tubuh istirahat dari berbagai macam kegiatan. Hal ini bisa dibilang menjadi prioritas utama, tidur yang baik itu tidak kurang maupun tidak berlebihan, kalau kurang tidur badan menjadi terasa lemas, lesu, letih, atau bisa memicu berbagai penyakit.

Waktu tidur yang normal yaitu 8 sampai 10 jam setiap hari, anda bisa menerapkan pola tidur ini, mulai jam 09.00 malam, kemudian bangun jam 06.00. Jika tidur anda terpenuhi dan masih dalam batas yang normal, kemungkinan kesehatan anda tidak akan terganggu, jadi usahakan jangan kurang atau tidur berlebihan.

2. Banyak mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna 

Saat masih sekolah kita sudah diajarkan makanan apa yang menyehatkan, makanan bernutrisi tinggi yang termasuk kategori makanan 4 sehat 5 sempurna, antara lain: Sayur, buah, daging, susu, dan jangan lupa makanan yang mengandung baik nutrisi dan berserat tinggi.

makanan pola hidup sehat


3. Cari dan jauhi kebiasaan buruk 

Kebiasaan buruk yang harus anda hindari dan Mungkin berat sekali, namun dengan menghindari hal tersebut kesehatan anda tetap dalam kondisi Prima. Misalnya: Minuman beralkohol, soda, merokok, sering menyantap makanan cepat saji, ngemil. Semua jenis makanan dan minuman tersebut hanya memberikan rasa nikmat, namun tidak memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja dalam jangka lama pasti akan mendatangkan berbagai macam penyakit berbahaya.

4. Olahraga teratur setiap hari 

Tanpa melakukan olahraga yang teratur, dan cuma mengkonsumsi suplemen jangan berharap bahwa bisa hidup sehat, segar, dan bugar. Keseimbangan pola hidup sehat hanya bisa dicapai dengan cara olahraga teratur. Jika anda tidak punya banyak waktu, lakukan olahraga minimal seminggu 3 kali.

5. Batasi jam kerja 

Batasi jam kerja disini dimaksudkan ialah bekerja dalam jam yang cukup dan jangan terlalu berlebihan, bekerjalah sesuai dengan kemampuan tubuh atau sekitar 10 jam perhari, karena jika kelelahan yang membuat kesehatan terganggu, maka sangat beresiko terkenal serangan penyakit. Organ tubuh kita juga perlu istirahat, sebaiknya jika sudah capek sekali segera tidur.

6. Rajin bangun pagi 

Saat pagi hari kondisi udara masih segar, bersih dan belum terkena polusi. Jika paru-paru mendapatkan Oksigen yang belum terkontaminasi dengan polusi, efeknya kesehatan pun juga ikut terjaga. Anda bisa berjalan santai untuk menghirup udara segar, serta merasakan sinar matahari yang mengandung banyak vitamin D.

7. Menjalankan pola hidup bersih dan sehat 

Cara hidup sehat dan bersih tidak hanya berolahraga, namun juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Maka dari itu jangan malas untuk membersihkan debu di dalam rumah maupun membersihkan sampah yang ada di luar rumah. Karena ruangan yang kotor serta berdebu bisa memicu timbulnya banyak penyakit.

8. Banyak minum air mineral 

Banyak minum air putih mineral bisa terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan, bukan hanya itu saja banyak minum air putih sebanyak 8 gelas perhari bisa membuang racun di dalam tubuh, melancarkan metabolisme. Jadi perbanyak minum air putih mulai dari sekarang.

9. Makan sebelum lapar berhenti sebelum kenyang 

Cara ini juga diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu nasehatnya, baiknya hindari makan yang berlebihan, walaupun masih ada sisa makanan yang berada di piring saat makan. Kalau sudah merasa kenyang sebaiknya segera berhenti jangan terlalu memaksa, kebanyakan makan juga bisa menaikkan berat badan, selain tidak baik karena akan menimbulkan obesitas atau kegemukan.

10. Kurangi dan Hindari makanan manis 

Makanan manis yang biasa kita temui seperti: Soda, kue, permen, coklat, dan lainnya. Makanan ini jika terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan, karena jenis makanan ini selalu ingin memberikan rasa ingin terus makan, namun tidak begitu baik untuk kesehatan. Tapi makanan seperti coklat ada manfaatnya akan tetapi ada dosis tertentu.

Sampai di sini dulu tapi kita kali ini yaitu bagaimana cara hidup sehat setiap hari, agar tubuh kita tetap dalam kondisi yang baik, dan meminimalisir terjangkit dari berbagai macam penyakit. Silahkan bagikan jika bermanfaat. Terima kasih.
loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : 10 Cara Hidup Sehat Setiap Hari Yang Baik Rosulullah SAW Juga Menurut Islam
Di Terbitkan : Jumat, 07 Juli 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "10 Cara Hidup Sehat Setiap Hari Yang Baik Rosulullah SAW Juga Menurut Islam"

Posting Komentar