Berita Terkini Tentang Kesehatan Mengapa Rambut Sudah Beruban Pada Usia Remaja?

berita terkini tentang kesehatan

Berita terkini tentang kesehatan kali ini berupa studi kasus bahwa orang sekarang yang masih muda atau di usia dini rambut sudah tumbuh uban. Walaupun bukan penyakit yang serius, namun rambut beruban merupakan hal yang sedikit mengganggu terutama penampilan, coba bayangkan usia anda masih belasan tahun akan tetapi rambut sudah berubah warna seperti orang tua yang sudah berumur.

Masalah ini ternyata membuat banyak orang menjadi gelisah, rambut uban yang selama ini kita ketahui hanya tumbuh nanti mereka yang sudah berumur atau berusia lanjut, namun sekarang ini orang yang masih muda pun rambutnya sudah berubah menjadi dua warna yaitu hitam dan putih. Mereka khawatir uban yang tumbuh tersebut padahal belum waktunya akan membuat penampilan sedikit lebih tua dari usia saat ini.

Ternyata yang mengakibatkan warna rambut hitam menjadi keperakan, dan membuat rambut uban yaitu adanya kerusakan sel melanosit di dasar folikel rambut. Penyebab kerusakan sel ini ada tiga, 1 faktor usia, 2 keadaan lingkungan, 2 penyakit. Hal ini diungkapkan oleh ahli penuaan dari Mayo Clinic, Dr James Kirkland, menjelaskan bahwa manusia sepanjang hidupnya juga mempunyai uban.

Usia keseimbangan ini terjadi antara umur 40 dan 50 tahun, karena dipengaruhi oleh faktor variasi genetik, jenis kelamin, dan golongan etnis tertentu. Sebagai contoh orang yang mempunyai kulit hitam bentuk perubahan rambutnya menjadi ban lebih lama, dibandingkan dengan orang dari ras kaukasia.

penyebab uban pada remaja


Sementara orang Asia berada di kedua jenis tersebut, dalam hal ini terjadinya rambut uban lebih sering terjadi pada perempuan, dibandingkan dengan laki-laki. Perubahan variasi genetik juga bisa menyebabkan rambut uban lebih cepat tumbuh.

Baca Juga : Berita Kompas Hari ini Tentang Kesehatan Serta Gaya Hidup Terbaru

Faktor genetik tersebut bisa berasal dari orang tua, jika salah satunya ataupun keduanya pernah mengalami uban di usia muda, maka biasanya anaknya juga mengalami hal yang sama.

Penyebab Rambut Uban Pada Remaja


Penyebab rambut uban pada remaja yaitu kebiasaan merokok, rambut putih yang tumbuh terlalu cepat terjadi karena indikasi menderita 3 penyakit antara lain:

1. Autoimun
2. Gangguan tiroid
3. Penyakit jantung

“Jika Anda memiliki penyakit jantung dan rambut Anda beruban, itu bisa jadi tanda perburukan penyakit,” ungkap Kirkland.

Penyebab rambut beruban juga dipengaruhi oleh kurangnya nutrisi sehingga uban lebih cepat muncul, selama perang dunia ke II beberapa orang yang ditahan di kamp konsentrasi pernah mengalami hal itu, pernyataan ini dikeluarkan oleh Dr. Wilma  Bergfeld, Ahli dermatologi dari Cleveland Clinic.

Menurut dia uban tidak akan terjadi kalau kesehatan baik dan bisa menghasilkan sel yang memproduksi pigmen, kalau uban muncul karena olahraga berat atau berat badan turun saat ini dia belum mengetahuinya.

Aktivitas yang mempengaruhi rambut rusak selain rokok yaitu turunnya berat badan secara drastis sampai 20 kg atau kemoterapi. Akan tetapi perawatan kemoterapi atau penurunan berat badan yang terjadi adalah bukan warnanya yang berubah, justru kerontokan rambut. Untuk mengatasi hal ini yang sebenarnya cukup mengganggu sampai saat ini belum ada obat yang berhasil ditemukan untuk mengatasi perubahan warna rambut yang belum waktunya.

Kalau faktor lain seperti stres berat apakah bisa memicu rambut cepat beruban atau tidak, nah itulah sedikit penjelasan mengapa rambut sudah beruban di usia muda? Semoga anda dapat mengambil manfaat dari informasi ini. Nantikan berita terkini tentang kesehatan lainnya, terima kasih dan sampai jumpa.

loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Berita Terkini Tentang Kesehatan Mengapa Rambut Sudah Beruban Pada Usia Remaja?
Di Terbitkan : Kamis, 06 Juli 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Berita Terkini Tentang Kesehatan Mengapa Rambut Sudah Beruban Pada Usia Remaja?"

Posting Komentar