Informasi Terkini Tentang Kesehatan Cara Menghilangkan Kantung Mata

Informasi Terkini Tentang Kesehatan

Informasi terkini tentang kesehatan kali ini yaitu bagaimana cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan alami yang bisa dibilang cukup mengganggu penampilan terutama terkait dengan wajah.

Mata merupakan indra untuk melihat sesuatu, namun jika kita mempunyai kantung mata tentu saja akan mengganggu pemandangan, untuk itu kita akan membahas cara menghilangkan kantung mata dengan benar, maka dari itu kita harus mengerti apa yang harus kita lakukan sebelumnya.

Apa Itu Kantung Mata?

Menurut penelitian Departemen dermatologi dari Universitas ternama dari Brazil, kantung mata disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penuaan sampai dengan genetik yang merupakan salah satu gaya hidup yang buruk.

Baca Juga: Informasi Terbaru Tentang Kesehatan Manfaat Buah Naga Yang Jarang Di Ketahui

Kantung mata atau mata berkantung (Puffy Eyes), kantong mata yaitu berbentuk lingkaran yang berwarna hitam tepat berada di bawah mata. Lingkaran hitam ini bisa muncul dikarenakan adanya pembengkakan pada mata, beberapa faktor penyebabnya lapisan di sekitar mata yang sangat tipis, karena lapisan dan struktur di sekitar mata sangat berbeda dibandingkan dengan area lain di sekitar wajah. Maka dari itu area mata sangat mudah bengkak.

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Cara Menghilangkan Kantung Mata


Kurang tidur merupakan penyebab umum dimana kantung mata muncul di sekitar mata anda, kantung mata kebanyakan sering kita jumpai ada orang yang sering begadang setiap malam.

Penyebab lain bukan karena pola tidur yang tidak baik, namun banyak sekali penyebab yang perlu Anda ketahui, setelah anda mengetahui semuanya bisa melakukan cara yang tepat untuk mengatasi kantung mata tersebut dapat dikurangi sedikit demi sedikit kalau teratur melakukannya kemungkinan bisa hilang.

1. Pola Hidup 

Pola atau gaya hidup yang salah juga menjadi salah satu faktor penting kalau ingin mempunyai kondisi tubuh yang sehat dan menarik. Maka dari itu, kurangnya memperhatikan gaya hidup tersebut bisa memicu timbulnya kantung mata. Seperti kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol mengakibatkan pembuluh darah area bawah mata terlihat lebih jelas.

2. Terlalu Keras Menghapus Make Up 

Mata kita akan terlihat lebih menarik kalau memakai make up, namun saat kita menggunakan mascara waterproof dan eyeliner membuat kita sedikit susah untuk membersihkannya. Nggak berbagai remover tidak mampu menghapus sisa kosmetik tersebut secara tuntas, ninja Heroes menggantinya dengan cleansing oil.

Kalau kita ingin menghilangkan rias terutama di bagian mata yang ber waterproof pakailah cleansing oil agar lebih mudah, sehingga untuk menekan bagian mata tidak perlu keras. Agar tidak menimbulkan lingkaran hitam pakailah cleansing oil dengan cara memijat lembut di area sekitar mata, hindari untuk menekan terlalu berlebihan.

Jenis cleansing oil yang baik yaitu gentle agar tidak perih dimata yang berlebihan sehingga menyebabkan iritasi.

3. Posisi Kepala Saat Tidur 

Area mata yang menampakan lingkaran hitam ternyata juga dipengaruhi oleh posisi tidur yang salah. Jadi tidak semua begadang yang bisa menyebabkan kantung mata, seperti posisi kepala lurus dengan tubuh, maka usahakan posisi kaki lebih rendah daripada kepala, sehingga cairan tubuh menjadi lancar, apalagi jika sering begadang lingkaran kantung mata terlihat lebih tebal.

4. Kucek Mata Berlebihan 

Mengucek mata pasti sering dialami oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan, namun siapa yang mengira kalau saat mengucek mata ternyata bisa mengakibatkan munculnya kantung mata. Orang memutus mata biasanya agar maka gak santai untuk menahan sementara rasa kantuk dan lelah. Akan tetapi kalau sering mengucek mata bisa merusak pembuluh kapiler kecil di area mata dan muncullah lingkaran hitam tersebut.

Hal ini diakibatkan karena jari yang menekan sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin yang berfungsi mengubah warna gelap pada kulit.

5. Malas Menggunakan Pelindung Sinar UV

Saat berada di bawah terik sinar ultraviolet masih banyak yang mengabaikan kesehatan di sekitar mata mungkin termasuk saya dan anda. Sangat penting menggunakan pelindung sinar UV atau sunscreen untuk menjaga kulit tetap sehat dan bisa mengurangi efek negatif yang bisa menjadi penyebab area dibawah mata lebih gelap.

Maka biasanya kan menggunakan senter keren yang bisa dipakai di area bawah mata, ketika menggunakannya harap hati-hati agar beda iritasi jangan terlalu dekat dengan mata.

6. Stres Dan Anemia 

Salah satu pemicu munculnya lingkaran gelap di bawah mata ternyata bisa dari anemia atau kurang darah, tidak hanya itu saja lingkaran gelap semakin hitam tidak sehat kalau sering mengalami stress.

7. Akibat Alergi

Aliran darah yang terjadi pada sekitar mata bisa mengalami peningkatan karena disebabkan oleh alergi tertentu. Munculnya alergi itu ditandai rasa gatal sehingga membuat kita ingin menggaruk dan mengucek mata.

Sehingga cara seperti ini malah mengakibatkan kulit sekitar mata bisa berwarna hitam, walaupun perubahan warna hitam wujud dari pertahanan akibat iritasi saat digaruk atau dikucek.

Sebaiknya hindari perilaku buruk dengan cara mengucek atau menggaruk, cukup menyentuh cara perlahan saat terjadi gatal.

8. Faktor Umur

Setiap orang pasti akan mengalami perubahan fisik yang umum disebut penuaan, karena itu semua memberi tanda usia kita telah bertambah salah satu tandanya yaitu munculnya kantung hitam di sekitar mata.

Usia yang bertambah yaitu membuat tubuh berkurang dalam memproduksi kolagen, sehingga kulit yang berada di sekitar bawah mata juga mulai mengendur, menipis dan terjadi pwngerutan. Maka dari itu pembuluh darah rumah merah agak kehitaman terlihat jelas.

9. Kurangnya Nutrisi 

Untuk menunjang kesehatan dan tampilan yang menarik tubuh memerlukan mineral yang cukup, mineral dan zat besi yang kurang berdampak pada pasokan oksigen, itulah yang menjadi penyebab munculnya kantung hitam.

Hindari makanan cepat saji yang membuat nutrisi tidak seimbang, lebih baik banyak mengkonsumsi sayuran dan buah segar sebagai cara alami menghilangkan kantung mata.

10. Kekurangan Cairan (Dehidrasi) 

Tubuh memerlukan banyak sekali cairan agar bisa membuat sirkulasi darah lancar, jika sampai mengalami atau sering kekurangan cairan, maka pembuluh darah yang ada di sekitar bawah mata juga akan ikut berpengaruh, banyak minum air putih setiap hari tidak hanya terhindar dari dehidrasi tapi berguna untuk menghilangkan jerawat serta semua bekasnya.

11. Kesehatan Ginjal 

Jika kesehatan anda mengalami masalah mata hitam ternyata bisa dijadikan indikasi, munculnya kantung mata berwarna hitam tersebut kemungkinan ginjal bermasalah, segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

12, Genetik 

Penyebab munculnya kantung mata ternyata bisa berasal dari faktor keturunan, walaupun mungkin karena genetik jangan kuatir masih bisa dihilangkan. Ada berbagai cara untuk menghilangkannya, namun jika disebabkan karena faktor genetik atau keturunan untuk menghilangkannya memang cukup sulit.

13. Hamil dan Datang Bulan 

Saat menstruasi atau masa kehamilan biasanya wanita lebih membutuhkan banyak zat besi. Lingkaran hitam di area bawah mata bisa jadi penyebab kekurangan nutrisi tersebut. Saat mengalami datang bulan atau menstruasi maupun saat hamil, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti ikan, daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum dan unggas.

14. Pengaruh Konsumsi Obat 

Membesarnya pembuluh darah bisa diakibatkan oleh pengaruh obat tertentu, misalnya obat tidur. Karena tipisnya kulit yang berada di bawah area mata menjadi lebih terlihat jelas seakan-akan berwarna hitam kemudian menjadi kantung mata. Maka saat memilih obat sebaiknya harus lebih teliti tapi jangan ketergantungan karena bisa mengganggu kesehatan ginjal anda.

15. Saat Menangis 

Anda mungkin sering melihat orang yang matanya agak lebam, bengkak dan menghitam saat menangis cukup lama. Pada waktu menangis cairan bisa terperangkap kemudian mengakibatkan area bawah mata terlihat menghitam dan bengkak.

16. Hiperpigmentasi 

Hiperpigmentasi bisa kita ketahui dengan mudah dengan cara menekan permukaan kulit, akibat dari hiperpigmentasi ini juga bisa menyebabkan kantung mata, pada saat kita menekan warna hitam tapi tidak mau hilang bisa jadi ada kesalahan pigmen di area mata. Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan mudah bisa memakai masker kunyit.

17. Rias Wajah Terlalu Berlebihan 

Semua wanita memang selalu ingin tampil cantik dan menarik, make up menjadi cara terbaik. Tapi kulit bisa iritasi jika make up terlalu lama tidak segera dihapus, akibatnya di bawah mata bisa menghitam, mungkin jika bengkak.

Oke itulah penyebab timbulnya kantung mata yang bisa saya sampaikan, anda bisa menikmati informasi terkini tentang kesehatan hampir setiap hari di blog ini. Semoga bisa menjadi manfaat dan sampai jumpa di topik berikutnya yang lebih menarik. Terima kasih.


loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Informasi Terkini Tentang Kesehatan Cara Menghilangkan Kantung Mata
Di Terbitkan : Jumat, 14 Juli 2017
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Informasi Terkini Tentang Kesehatan Cara Menghilangkan Kantung Mata"

Posting Komentar