Tahukah Anda Kesehatan Reproduksi Pria Dan Wanita Saling Melengkapi Lho

kesehatan reproduksi pria dan wanita


Kesehatan reproduksi pria dan wanita - Pengetahuan orang awam selalu menganggap bahwa wanita merupakan penyebab utama untuk memiliki keturunan. Padahal itu semua tidak benar adanya, karena di pengaruhi oleh beberapa faktor sekitar 20 - 30 persen juga bisa berasal dari pria lho. Maka dari itu, sebaiknya baik pria dan wanita juga harus menjaga kesehatan dan memperhatikanya dengan cermat, serta komitmen.

Perlu diketahui bahwa pria dalam melakukan gaya hidup keseharianya sangat mempengaruhi terutama berkaitan dengan tingkat kesuburan. Kebiasaan buruk juga menjadi faktor utama masalah tersebut, mulai dari salah dalam merawat diri, hingga kondisi fisik yang kurang ideal misalnya: kegemukan.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria Dan Wanita:

kesehatan reproduksi pada pria dan wanita


1. Tidak Merokok Dan Minum Minuman Keras

Peluang kesuburan akan terjadi kalau sperma dalam keadaan normal, artinya tersedia dalam jumplah banyak, serta berkualitas. Hal ini bisa menurunkan kualitas dan bisa merusak sperma karena terlalu sering mengkonsumsi minuman keras, apalagi secara berlebihan.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas memang sangat beresiko tidak hanya perempuan tapi pada pria pun sama, dan ini juga yang bisa mempengaruhi pria dalam memperoleh peluang keturunan. Bagaimana untuk mengetahuinya bahwa berat badan itu normal atau tidak? Cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter atau bisa juga dengan menggunakan kalkulator indeks massa tubuh jika pernah memeriksa kondisi berat badan sebelumnya.

3. Menjaga Testis Tetap Keadaan Sejuk Tidak Panas

Suhu testis juga mempengaruhi berapa jumplah sperma yang dihasilkan nanti, suhu yang di butuhkan testiskel agar bisa berpeluang mendapatkan keturunan yaitu antara -1 sampa -2 derajat lebih rendah dibandingkan dengan keseluruhan suhu tubuh. Suhunya sekitar 34, 5 derajat celsius. Pertanyaanya bagaimana agar bisa terjaga maupun menurunkan suhu testikel tersebut jika terlanjur terlalu tinggi?

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:
  • Jangan sering melakukan aktivitas mandi dengan air hangat, atau sering melakukan rendam memakai air hangat.
  • Jika pekerjaan terlalu lama waktunya, namun aktifitas kebanyakan waktu panjang namun sering dilakukan posisi duduk diam, sebaiknya ambil istirahat sejenak setiap 1 jam, cobalah berdiri dan berjalan ke tempat lain walaupun sesaat.
  • Kalau tempat dimana bekerja kondisi panas, sebaiknya sesekali berpindah dengan beberapa jeda waktu tertentu secara teratur ke tempat yang lebih sejuk.
  • Pakailah pakaian dalam yang nyaman dan tidak longgar, tapi nyaman dipakai, tidak terlalu ketat, karena akan menyebabkan keringat berlebih dalam waktu lama, bisa menyebabkan bakteri atau jamur.
 Kalau anda rutin menjalankan beberapa langkah di atas dan memperhatikan dengan serius, setidaknya bisa membantu produksi sperma yang baik karena suhu testikel terjaga.

4. Jaga dari Racun Berbahaya

Sebaiknya hindarilah racun yang biasa di gunakan oleh para petani seperti pestisida, merkuri dan timbal. Tidak hanya itu hindari kontaminasi zat radioaktif.

5. Pola Makan Sehat dan Olahraga Teratur

Akibat mengkonsumsi makanan sehat, segar dan bergisi bisa untuk mendapatkan kualitas sperma sehat, jangan lupa juga berolahraga teratur setiap hari. Tapi perlu anda ingat agar tidak terlalu berlebihan dalam olahraga, karena bisa juga mempengaruhi tingkat kesuburan, karena banyak mengeluarkan hormon steroid.

BACA JUGA:
Saya sarankan perbanyak konsumsi lima porsi makanan sehat seperti: buah dan sayur setiap hari serta semua makanan yang mengandung banyak protein, karbohidrat, serta daging tapi pilihlah yang lemaknya rendah.

6. Teratur Berhubungan Suami Istri

Ereksi teratur juga bisa menyebabkan penis menjadi sehat. Saat proses ereksi akan membuatnya tegang, karena oksigen dalam darah memenuhi penis. Sebab ereksi saat tidur saja tidak cukup, menurut sebuah penelitian bahwa penis akan mengalami resiko menyusut 1-2 cm dan tidak elastis lagi.

7. Sunat

Kalau sudah dewasa sebaiknya dianjurkan sunat, karena hal ini juga di anjurkan dalam agama islam pentingnya kebersihan, jika tidak di sunat akan beresiko menjadi sarang bakteri berkembang biak. Penelitan yang dilakukan ada sebanyak 42 jenis bakteri yang akan berkembang biak tidak kasat mata pada kulit penis pria.

Manfaat Sunat Pada Kesehatan Pria:
  • Pria yang mengalami sunat, bakteri yang ada pada kulit penis lebih sedikit, dibandingkan pria yang tidak disunat. Karena bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bisa berkembang biak umumnya di lipatan penis.
  • Sunat seperti yang sudah di umumkan oleh WHO bisa menghindarkan dari serangan penyakit kelamin berbahaya seperti HIV. Menurut informasi yang didapat dari WHO, pria yang di sunat 60 persen akan terhindar dari HIV dibanding pria yang tidak di sunat. Penyebab yang akan terjadi karena terhambatya system kekebalan tubuh untuk melawan infeksi HIV, dan memberikan jalan bakteri bernama anaerobik berkembang biak, bak teri ini tidak membutuhkan oksigen untuk hidup dengan baik.   
  • Pria yang sudah di sunat tidak akan beresiko terhadap pasanganya, karna tidak akan menularkan penyakit berbahaya tersebut.
  • Tidak hanya itu saja, organisasi ahli anak dan kandungan juga telah menyatakan bahwa banyak sekali manfaat sunat selain untuk mencegah terjadinya kanker penis, penyakit HIV, tapi juga sebagai cara mencegah infeksi saluran kencing.
Nah, semoga dengan 7 langkah menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita di atas, setidaknya bisa memberikan informasi bermanfaat untuk anda semuanya. Jika berkenan silahkan bagikan kepada temat, kerabat atau saudara anda, agar memperhatikan kesehatan, apalagi mereka yang belum di karuniai keturunan. Terima kasih.



loading...

Penulis:

Nur Rizqiana Pratami Judul Artikel : Tahukah Anda Kesehatan Reproduksi Pria Dan Wanita Saling Melengkapi Lho
Di Terbitkan : Senin, 05 Maret 2018
Nama : Nur Rizqiana Pratami
Biografi :

0 Response to "Tahukah Anda Kesehatan Reproduksi Pria Dan Wanita Saling Melengkapi Lho"

Posting Komentar